TintaNote.com - perkembangan teknologi tak bisa dibendung dan di berhentikan sampai saat ini dan seterusnya terus berkembang dan berinovasi berbagai platfom bermunculan, begitu juga perkembangan sofware (perangkat lunak) terkhusus di era milineal sosial media, disini adalah Whatsapp

TintaNote.com - perkembangan teknologi tak bisa dibendung dan di berhentikan sampai saat ini dan seterusnya terus berkembang dan berinovasi berbagai platfom bermunculan, begitu juga perkembangan sofware (perangkat lunak) terkhusus di era milineal sosial media, disini adalah Whatsapp.

Pengguna Whatsapp aktif bulanan alias Monthly active user (MAU)  1,5 Miliar  meningkat 14 persen dibandingkan  Whatsapp pada juli 2017 lalu yang berjumlah 1,3 Miliar pengguna aktif hariannya alias daily active users (DAU)  berada di kisaran satu miliar.

Setiap harinya, Whatsapp menangani lebih dari 60 Miliar pertukaran pesan antar-pengguna seluruh dunia. pertukaran ini diramalkan bakal terus meningkat , seiring penetrasi internet semakin luas (Pengguna Aktif Bulanan WhatsApp Tembus 1,5 Miliar )

memanfaakan Whatsapp yang benar adalah keseharusan , jangan sampai sosial media seperti Whatsapp ini dijadikan sebagai ajang ejek-mengejek, benci-membeci, ini tentunya tidak baik bahkan tidak boleh.

oleh sebab itu Whatsapp bukanlah tujuan tapi ia adalah alat dalam memberikan kemudahan dalam berhubung dengan orang lain menjadi lebih mudah, maka tak layak ia dijadikan alat yang merusak penggunanya.

Smartphone namanya maka pengguna meski orang smart alias baik ,

NB : Jangan ejek-mengejek, jangan menceritakan aib saudaramu. jadikan ia sebagai penghubung kedekatanmu.
Jangan berhungan yang tidak baik dan men share yang tidak baik dalam melakukan chating sebab itulah adalah budaya yang tidak baik.

Dalam melakukan chatingan dengan orang Whatsapp memungkinkan untuk melakukan pesan teks, namun jugak semua file media seperti foto, rekaman suara, dan video.

Aplikasi Whatsapp pun memungkinkan untuk melakukan backup (pencadangan). seperti pesan teks (chatting) , foto, audio rekaman, dan video.

ketika itu anda dapat memulihkan kapanpun dengan mudah. fitur backup ini tersedia bagi pengguna android versi 2 ke atas.( Cara Backup/Restore Chat dan File Media WhatsApp )

Hal ini berlaku bila memiliki Smartphone baru atau kehilangan perangkat.  tidak ada cara untuk memulihkan chat atau media lainnya , kecuali sebelumnya telah melakukan backup data yang terbackup di layanan penyimpanan cloud Google Drive.

Bagaimana pun , auto backup ini berperan menyimpan berkas file media termasuk chat. Untuk itulah, lebih utama penyimpanan di Google Drive dibandingkan memori internal.

Nb : Sebelum melakukan back up pastikan koneksi internet dalam keadaan normal dan sebaiknya chat yang tidak terlalu perlu sebaiknya dihapusagar tidak memberatkan saat back up data.

adapun caranya.

1. Buka Whatsapp.

2. Masuk ke "Setelan"


3. Kemudian pilih Chat >> cadangan chat >> cadangkan

4. tunggu proses pencadangan , sebaiknya menggunakan koneksi WiFi agar lebih hemat.



Setelah berhasil data di cadangkan , maka uninstal aplikasi Whatsapp dan mulai memasang Whatsapp kembali ke Handphone baru atau pindah ke yang lebih baik.

Kemudian buka aplikasi Whatsapp lakukan pendaftaran akun baru lagi menggunakan nomor HP yang sama dengan yang sebelumnya.

Tunggu sms verifikasi masuk dan lakukan verifikasi kemudian muncul opsi pulihkan maka pilih "pulihkan" next tunggu proses download selesai maka setelah itu klik opsi "Lanjut, Lihat gambar berikut.





Setalah klik lanjut data backup berhasil di tarik kembali data-data aman kembali dan bisa di pergunakan sebagaiman sebelumnya. oke.

cukup sekian, itulah cara membackup / mencadangkan data di Whatsapp, Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.😐

Baca juga artikel tentang : Agar Whatsapp Tidak Men Download Otomatis Gambar, Video, Audio dan dokumen dan Tips !! Membuat Whatsapp Lebih Ringan dan Tidak Lemot, Ini yang Dilakukakan = SALAH BESAR