Tintanote.com - Semakin berkembangnya dunia teknologi orang mulai meninggalkan telepon rumah dan mulai beralih ke telepon gengam. Sebagai alat telepon yang cepat dan canggih telepon genggam membutuhkan jaringan yang optimal dari penyedia jaringan.

Berbagai macam jaringan telah berkembang saat ini mulai dari kualitas jaringan yang rendah seperti GPRS hingga yang kita kenal saat ini yaitu 4G. Bahkan saat ini sudah muncul lagi jaringan 5G yang kecepatannya bisa mencapai 10GBPS.

Untuk menggunakan jaringan telkomsel 4G ada 2 syarat utama yang harus di penuhi yaitu sim card yang telah mendukung jaringan 4G dan ponsel yang juga mendukung jaringan 4G.

Dibeberapa daerah diindonesia sudah bisa menggunakan jaringan telkomsel 4G. Tetapi tidak semua kartu kartu telkomsel bisa menikmafi fitur ini. Seperti para pengguna SIM card lama yang pemkaiannya di bawah tahun 2010 bisa di pastikan belum support dengan jaringan 4G.

Berikut beberapa cara mengetahui bahwa kartu telkomsel kita apakah sudah bisa menggunakan jaringan 4G atau belum.

Cara mengetahui kartu telkomsel lewal aplikasi My Telkomsel

1. Buka aplikasi my telkomsel atau jika belum punya bisa download di playstore.

2. Masukkan nomor kartu dan password untuk loggin di aplikasi.

3. Di menu utama klik 4G telkomsel.

4. Maka akan muncul 2 Informasi apakah ponsel sudah support jaringan 4g dan kartu simcard yang sudah support jaringan 4G.

Cara mengetahui kartu telkomsel lewat USSD

1. Buka panggilan telepon panggil *888*47#

2. Pilih cek kartu kemudian akan muncul cek 4G. Disini kita tidak hanya bisa mengecek simcard saja tetapi bisa mengecek ponsel yang sudah support dengan 4G juga.

3. Maka akan muncul informasi kartu anda sudah 4G atau belum.

Itulah bagaimana cara mengetahui kartu telkomsel sudah 4G atau belum. Untuk anda yang tidak bisa menggunakan fitur 4G anda bisa mengganti kartu baru yang sudah support 4G. 

Juga bisa mengupgrade secara manual dengan membeli kartu baru yang sudah support 4G tanpa mengganti nomor kartu telkomsel anda dan mendatangi grapari terdekat meminta untuk mengupgrade kartu telkomsel anda. Demikian dari artikel ini semoga bermanfaat wassalam.